Senin, 15 September 2014

Milky Fruity Puding (Puding Mozaik)

Selamat pagi..
Hari yang cerah di Semarang. Sedang musimnya. Sudah sebulan ini saking cerahnya kota, sampai-sampai di siang hari temperatur bisa mencapai 41 derajat Celcius. Pengennya minum es terus... Tapi karena tenggorokan nggak kuat, jadi batuk deh.
Untuk membatasi konsumsi es, saya suka cari makanan / minuman yang dingin-dingin empuk seger.Yah, sebagai penggemar puding, tentu saja makanan ini yang akhirnya selalu menemani hari-hari saya. hehe...

Puding yang cocok untuk cuaca panas begini adalah puding yang mengandung buah... seger....
Ada beberapa puding buah andalan saya, salah satunya puding pelangi. Bermacam-macam buah dalam satu cup. Nyus...

puding pelangi 

Lalu ada juga puding tuty fruity, juga terdiri dari berbagai macam campuran rasa buah

puding tuty fruity

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat gambar puding mozaik di google, mirip seperti puding tuty fruity saya, tapi dibalik. Agar-agar isiannya warna-warni bening, sedangkan agar-agar utamanya berwarna putih susu. Hanya sekilas melihatnya, tapi termemori baik di kepala saya. Jadi mulailah saya bereksperimen membuat puding mozaik.
Kebetulan hari itu saya punya sisa agar-agar dari puding pelangi pesanan, saya cetak masing-masing puding di wadah kotak. Setelah mengeras tinggal dipotong-potong kotak-kotak.

Agar-agar putihnya saya buat dengan resep agar-agar susu,  tanpa campuran telur karena saya ingin rasanya tetap "light", lembut, gurih, sedikit manis.
Jadi setelah agar-agar susu dituang ke cetakan, susulkan agar-agar buah kotak-kotak, aduk ringan dan rata (tinggi adonan susu setengah dari cetakan, sisanya diisi oleh agar-agar buah sampai penuh). 

puding milky fruity (puding mozaik ala saya)

Alhamdulillah, percobaan saya berhasil. Saya menamakan puding ini milky fruity. Kenapa bukan mozaik?. Karena sebenarnya sampai saat ini saya belum tahu resep asli puding mozaik. :D. Takutnya salah, ngaku-ngaku puding mozaik tapi rasanya beda, cuma tampilannya saja yang sama.

cantiknya milky fruity

puding milky fruity iris

yuuuk disantap... segar buahnya, lembut susunya....

Rasa puding ini ternyata juara. Diantara puding susu yang lembut ada krenyes-krenyes rasa aneka buah. Gurih... segar... cocok banget untuk siang panas Semarang.

Semangat mencoba membuatnya ya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar